Rabu, 23 Mei 2012

rpp agama katolik smp


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                       : Smp Negeri 1 Tapian Nauli
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Katolik
Kelas/Semester            : VII/II
Alokasi waktu             : 2 x 45
Standar Kompetensi   : Memahami diri sebagai laki-laki atau perempuan yang memiliki rupa-rupa dan keterbatasan agar dapat berelasi dengan sesama dan lingkungannya dengan meneladani Yesus Kristus yang mewartakan Bapa dan kerajaanNya.
Kompetensi Dasar       : Menyadari bahwa pertumbuhan dan perkembangan dirinya tidak dapat lepas dari peran serta keluarga dan sesama di sekitarnya, sehingga terpanggil untuk bekerja sama dan menghargai sesama.
Indikator
1.      Menyebutkan peran orang tua dan saudara dalam keluarga untuk perkembangan dirinya.
2.      Menjelaskan bentuk-bentuk tanggung jawab orang tua dan anak dalam keluarga.
3.      Menilai pola hidup dalam keluarganya masing-masing.
4.      Membantu orang tua dalam menyelesaikan pekerjaan rumah.
5.      Mengikuti dengan setia tata aturan dalam hidup berkeluarga.
6.      Mengembangkan sikap hormat kepada orang tua berdasarkan perintah Allah Ke-4 ”Hormatilah ayah dan ibumu ...” (Kel 20: 12 dan Ef 6: 1-3).
7.      Menyusun doa untuk keluarganya masing-masing.
8.      Membangun suatu gereja kecil di dalam keluarga.
9.      Menciptakan pola hidup sederhana dalam keluarga

Tujuan Pembelajaran
1.      Agar siswa dapat menyebutkan peran orang tua dan saudara dalam keluarga untuk perkembangan dirinya.
2.      Agar siswa dapat menjelaskan bentuk-bentuk tanggung jawab orang tua dan anak dalam keluarga.
3.      Agar siswa dapat menilai pola hidup dalam keluarganya masing-masing.
4.      Agar siswa dapat membantu orang tua dalam menyelesaikan pekerjaan rumah.
5.      Agar siswa dapat mengikuti dengan setia tata aturan dalam hidup berkeluarga.
6.      Agar siswa dapat mengembangkan sikap hormat kepada orang tua berdasarkan perintah Allah Ke-4 ”Hormatilah ayah dan ibumu ...” (Kel 20: 12 dan Ef 6: 1-3).
7.      Agar siswa dapat menyusun doa untuk keluarganya masing-masing.
8.      Agar siswa dapat membangun suatu gereja kecil di dalam keluarga.
9.      Agar siswa dapat menciptakan pola hidup sederhana dalam keluarga.

Materi Pembelajaran:
Bab.13 AKU DI TENGAH KELUARGA

Metode Pembelajaran:
1.      Ceramah bervariasi.
2.      tanya jawab.
3.      Shering.
4.      Diskusi.
5.      pembahasan Kitab Suci.

Langkah-langkah Pembelajaran
Langkah awal
1.      Doa pembuka dipimpin oleh guru.
2.      Memotivasi, melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberi pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
3.      memberi informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Langkah Inti
1.      Guru mengajak siswa untuk menceritakan pengalaman suka dan duka mereka dalam hidup berkeluarga.
2.      Guru mengajak siswa membaca dan mendalami Kitab Suci tentang ”Taat dan Kasih” ( Ef 6:1-3), dan menguraikan sikap-sikap yang perlu dikembangkan sebagai wujud kasih dalam keluarga.
3.      Guru menjelaskan tanggung jawab orang tua dan anak dalam keluarga.
4.      Guru mengajak anak untuk menuliskan peran saudara dalam keluarga.
5.      Guru menyimpulkan materi pelajaran yang dipelajari.
Langkah akhir
1.      Test kemampuan siswa melalui tanya jawab.
2.      Doa penutup dipimpin oleh seorang siswa.
3.      Test - Remedial

Alat/sumber Pembelajaran:
·         Buku paket kelas 1 SLTP (Aku dan Sesama bersama Yesus, Penerbit Bina Media. Medan, 2003).
·         Kitab Suci terbitan Lembaga Biblika Indonesia (LBI).

Penilaian
Essay, Pilihan ganda, dan Menghafal.

Bentuk soal
Uraian
1.      Mengapa kita perlu menghormati orang tua, menurut Kitab Suci (Ef 6:1-3) ?.
2.      Apa tanggung jawab orang tua dan anak dalam keluarga ?.







Tapian Nauli,     Januari 2010
Mengetahui
Kepala sekolah                                                                                    Guru mata pelajaran





Basaria Lumbanraja,S.Pd.                                                              Erwin Silalahi
NIP. 19640416 198503 2 006                                                                        NIP. 197811262005011005



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                       : Smp Negeri 1 Tapian Nauli
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Katolik
Kelas/Semester            : VII/II
Alokasi waktu             : 2 x 45
Standar Kompetensi   : Memahami diri sebagai laki-laki atau perempuan yang memiliki rupa-rupa dan keterbatasan agar dapat berelasi dengan sesama dan lingkungannya dengan meneladani Yesus Kristus yang mewartakan Bapa dan kerajaanNya.
Kompetensi Dasar       : Menyadari bahwa pertumbuhan dan perkembangan dirinya tidak dapat lepas dari peran serta keluarga dan sesama di sekitarnya, sehingga terpanggil untuk bekerja sama dan menghargai sesama.
Indikator
1.      Menyebutkan orang-orang yang berperan dalam hidupnya.
2.      Menjelaskan makna manusia sebagai makhluk sosial.
3.      Menilai makna hidup bersama orang lain.
4.      Menghargai dan menghormati orang lain.
5.      Berpartisipasi di dalam suatu kegiatan bersama.
6.      Membantu sesama yang sedang berkesusahan.
7.      Mendoakan sesamanya yang menderita.
8.      Kesiapan untuk bertanggung jawab dalam menaati tata aturan dalam hidup bersama.

Tujuan Pembelajaran
1.      Agar siswa dapat menyebutkan orang-orang yang berperan dalam hidupnya.
2.      Agar siswa dapat menjelaskan makna manusia sebagai makhluk sosial.
3.      Agar siswa dapat menghargai dan menghormati orang lain.
4.      Agar siswa dapat membantu sesama yang sedang berkesusahan.
5.      Agar siswa dapat mendiskriminasikan mana kepentingan pribadi dan kepentingan bersama.
6.      Agar siswa dapat mendoakan sesamanya yang menderita.
7.      Agar siswa dapat bertanggung jawab dalam menaati tata aturan dalam hidup bersama.

Materi Pembelajaran:
Bab.14 HIDUP BERSAMA ORANG LAIN

Metode Pembelajaran:
·         Ceramah bervariasi.
·         tanya jawab.
·         Shering.
·         diskusi pembahasan Kitab Suci.
Langkah-langkah Pembelajaran
Langkah awal
·         Doa Pembuka dipimpin oleh guru.
·         Memotivasi, melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberi pertanyaan tentang materi yang akan diajar.
·         Memberi informasi tantang kompetensi yang akan dicapai.
Langkah Inti
·         Guru menjelaskan arti manusia sebagai makhluk sosial dan mengadakan tanya jawab sehubungan dengan pengalaman hidup mereka bersama dengan orang lain.
·         Guru menjelaskan asas hidup bersama berdasarkan Kitab Suci.
·         Guru menugaskan siswa untuk menuliskan bentuk-bentuk keterlibatan mereka dalam hidup sehari-hari.
·         Guru merangkum materi pelajaran yang diajarkan.
Langkah akhir
·         Menyanyikan lagu ”Dalam Yesus Kita Bersaudara” .
·         Doa penutup dipimpin oleh seorang siswa.
·         Test - Remedial

Alat/sumber Pembelajaran:
·         Buku paket kelas I SLTP ( Aku dan Sesama  bersama Yesus, Penerbit Bina Media, Medan. 2003).
·         Kitab Suci terbitan Lembaga Biblika Indonesia (LBI).

Penilaian
Mengadakan test lisan atau tertulis, dan memberi tugas

Bentuk soal
Uraian
1.      Siapa saja orang yang berperan di dalam pembentukan dirimu?
2.      Sebutkan faktor-faktor penghambat dalam berelasi ?

  


Tapian Nauli,     Januari 2010
Mengetahui
Kepala sekolah                                                                                                Guru mata pelajaran





Basaria Lumbanraja,S.Pd.                                                              Erwin Silalahi
NIP. 19640416 198503 2 006                                                                        NIP. 197811262005011005



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       :
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Katolik
Kelas/Semester            : VII/II
Alokasi waktu             : 2 x 45
Standar Kompetensi   : Memahami diri sebagai laki-laki atau perempuan yang memiliki rupa-rupa dan keterbatasan agar dapat berelasi dengan sesama dan lingkungannya dengan meneladani Yesus Kristus yang mewartakan Bapa dan kerajaanNya.
Kompetensi Dasar       : Menyadari bahwa pertumbuhan dan perkembangan dirinya tidak dapat lepas dari peran serta keluarga dan sesama di sekitarnya, sehingga terpanggil untuk bekerja sama dan menghargai sesama.
Indikator
Menjelaskan tanda atau bukti bahwa Allah mencintai semua orang dengan jalan berbeda-beda.
Menyebutkan konsekuensi sikap manusia dan tindakan Allah yang mencintai manusia.
Menilai tindakan cinta kasih Allah kepada sesama manusia.
Mendiskriminasikan kehendak Allah kepada semua orang dalam relasinya dengan sesama berdasarkan kutipan Kitab Suci (Yoh 18:20-26).
Mengatur time table buat Allah dan sesama.
Siap sedia memberi diri (bantuan) kapan saja dibutuhkan.
Menghargai dan menghormati orang lain.

Tujuan Pembelajaran
Agar siswa dapat menjelaskan tanda atau bukti bahwa Allah  mencintai semua orang dengan jalan berbeda-beda.
Agar siswa dapat menyebutkan konsekuensi sikap manusia dan tindakan Allah yang mencintai manusia.
Agar siswa dapat menilai tindakan cinta kasih Allah kepada sesama manusia.
Agar siswa dapat mendiskriminasikan kehendak Allah kepada semua orang dalam relasinya dengan sesama berdasarkan kutipan Kitab Suci (Yoh 18:20-26).
Agar siswa dapat mengatur Time table buat Allah dan sesama.
Agar siswa dapat siap sedia memberi diri (bantuan) kapan saja dibutuhkan.
Agar siswa dapat menghargai dan menghormati orang lain.

Materi Pembelajaran:
Bab.15 AKU DAN SESAMA DICINTAI ALLAH

Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi.
tanya jawab.
diskusi pembahasan Kitab Suci

Langkah-langkah Pembelajaran
Langkah awal
·         Doa pembuka dipimpin oleh guru.
·         Memotivasi, melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberi pertanyaan tentang materi yang akan diajari
·         Memberi informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Langkah Inti
·         Guru mengajak siswa untuk mengamati gambar-gambar seputar kehidupan bersama orang lain dan memberikan beberapa pertanyaan pendalaman.
·         Guru menjelaskan bahwa Allah mencintai sesama manusia dengan jalan yang berbeda-beda.
·         membaca dan mendalami Kitab Suci “Yesus di hadapan Hanas dan Petrus menyangkal Yesus (Yoh 18:20-26).
·         Guru mengajak siswa merenungi konsekuensi yang harus diwujudkan untuk menanggapi  tindakan Allah yang mencintai manusia.
·         Guru merangkum pelajaran yang telah disajikan.

Langkah akhir
·         Test - Remedial
·         Doa penutup dari seorang siswa.

Alat/sumber Pembelajaran:
·         Buku paket kelas I SLTP (Aku dan Sesama bersama Yesus, Penerbit Bina Media, Medan. 2003).
·         Kitab Suci terbitan Lembaga Biblika Indonesia (LBI).
·         Gambar-gambar.
Penilaian
Mengadakan test Lisan/Tertulis, dan memberi tugas

Bentuk soal
Uraian
1.      Bagaimana anda mengalami cinta kasih Allah dalam kehidupan sehari-hari ?.
2.      Apa konsekuensi sikap manusia atas sikap dan tindakan Allah yang mencintai sesama manusia ?.
3.      Jelaskan dengan kata-katamu sendiri bagaimana kehendak Yesus kepada semua orang berdasarkan Kitab Suci (Yoh 18:20-26) ?



Tapian Nauli,     Januari 2010
Mengetahui
Kepala sekolah                                                                                                Guru mata pelajaran




Basaria Lumbanraja,S.Pd.                                                              Erwin Silalahi
NIP. 19640416 198503 2 006                                                                        NIP. 197811262005011005




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       :
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Katolik
Kelas/Semester            : VII/II
Alokasi waktu             : 2 x 45
Standar Kompetensi   : Memahami diri sebagai laki-laki atau perempuan yang memiliki rupa-rupa dan keterbatasan agar dapat berelasi dengan sesama dan lingkungannya dengan meneladani Yesus Kristus yang mewartakan Bapa dan kerajaanNya.
Kompetensi Dasar       : Memahami berbagai sikap Yesus Kristus sehingga dapat meneladani            dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator
Mengenal orang-orang yang disebut berbelas kasih.
Menjelaskan makna belas kasih.
Menjelaskan nilai belas kasih Yesus.
Mampu dan mau berbelas kasih.
Tahu berbelas kasih dengan benar.
Menempatkan diri dalam perbuatan berbelas kasih.

Tujuan Pembelajaran:
Siswa diharapkan dapat menjelaskan makna belas kasih.
Siswa diharapkan dapat Memahami dan menjelaskan nilai belas kasih Yesus.
Siswa diharapkan dapat Bertindak dengan belas kasih.
Siswa diharapkan dapat memahami arti belas kasih antar sesama manusia.
Siswa diharapkan dapat mengasihi sesamanya dengan baik dan benar.

Materi Pembelajaran:
Bab.16 YESUS BERBELAS KASIH

Metode Pembelajaran:
Sharing
Pembelajaran teori
Tanya jawab
Diskusi kelompok
Praktek

Langkah-langkah Pembelajaran:
Langkah awal
·         Doa pembukaan
·         Memotivasi, memberi pengantar untuk masuk pada materi pelajaran.
·         Memberi informasi tentang materi yang akan dicapai.
Langkah Inti
·         Guru menggali pengalaman siswa tentang tindakan berbelas kasih.
·         Guru meneguhkan pengalaman siswa dengan menjelaskan makna belas kasih.
·         Membaca dan mendalami kitab Lukas 7:11-17 Yesus membangkitkan anak muda di kota Nain”.
·         Menggali nilai belas kasih Yesus untuk diteladani.
·         Merangkum materi pembelajaran.
Langkah akhir
·          Guru mendikte inti pelajaran yang telah dibahas bersama.
·         Penugasan
·         Doa penutup.

Alat/sumber Pembelajaran:
·         Buku paket Pendidikan Agama Katolik SLTP VII, “Aku dan Sesama Bersama Yesus”. Bina Media Perintis, Medan 2003.
·         Kitab Suci
·         Dokumen Gereja

Penilaian:
Test lisan
Test tertulis
Tanya jawab
Penilaian perilaku.


Bentuk soal
         Uraian
Tuliskan satu pengalaman kasih yang kamu terima!
Sebutkan nama orang yang  berbelas kasih dalam hidupmu! Dalam bentuk belas kasih apa yang kamu terima dari orang tersebut!
Jelaskanlah nilai-nilai kasih atas tindakan Yesus dari Lukas 7: 11-17!






Tapian Nauli,     Januari 2010
Mengetahui
Kepala sekolah                                                                                    Guru mata pelajaran




Basaria Lumbanraja,S.Pd.                                                              Erwin Silalahi
NIP. 19640416 198503 2 006                                                                        NIP. 197811262005011005

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar