Rabu, 23 Mei 2012

KOMUNI I



MENERIMA TANGGUNG JAWAB KOMUNI

Komuni Kudus yang PertamaImam akan berkata kepadamu, “Tubuh Kristus.” Haruslah kamu menjawab “Amin.” Artinya kamu sungguh percaya bahwa kamu menerima Tubuh-Nya. Amin adalah kata Ibrani yang kurang lebih artinya, “Saya setuju” atau “Sesungguhnya demikian.”

Ketika kamu maju untuk menerima Tubuh Kristus, tumpangkan tangan kiri di atas tangan kanan. Setelah kamu menerima Tubuh Kristus, ambillah dengan tangan kananmu dan segera masukkan ke dalam mulutmu.

Jika kamu menerima Tubuh dan Darah Kristus, ambil Tubuh Kristus dari
Sibori yang disodorkan oleh imam, celupkan sedikit pada anggur dalam piala dan segera masukkan Hosti ke dalam mulutmu. Berhati-hatilah agar anggur tidak sampai tercecer.

Sementara kamu kembali ke tempat dudukmu, arahkan pandanganmu pada jalan yang hendak kamu lewati, tetapi arahkan pikiranmu kepada Yesus. Ia adalah orang yang paling penting di seluruh dunia dan Ia telah datang kepadamu untuk menjadi Sahabatmu.

 http://www.indocell.net/yesaya/1x1.gifSESUDAH MENERIMA KOMUNI

Sekarang tibalah kamu pada bagian yang terindah. Tuhan ada bersamamu dalam suatu cara yang indah dan mengagumkan. Berbicaralah kepada Tuhan yang ada di dalammu. Mungkin kamu memiliki doa-doa yang sudah dituliskan untukmu, atau kamu hendak berdoa menggunakan kata-katamu sendiri. Di bawah ini adalah contoh doa yang diucapkan sesudah menyambut komuni.

 http://www.indocell.net/yesaya/1x1.gifDOA SESUDAH KOMUNI

Dengan rendah hati aku mohon kepada-Mu, Allah yang Maha Kuasa,
karena Engkau telah memperbaharui aku dengan sakramen-Mu
biarlah aku melayani Engkau dengan layak
dengan hidup sesuai dengan kehendak-Mu.
Aku mohon anugerah ini
dengan perantaraan Tuhan Yesus Kristus, Putera-Mu,
Yang hidup dan berkuasa untuk selama-lamanya. Amin

Tuhan telah berbicara kepadamu melalui Bahasa Isyarat-Nya yang penuh kuasa. Ia mengatakan, “Aku ingin bersamamu selalu. Aku ingin memberimu kekuatan untuk tumbuh dalam kasih kepada sesama, seperti Aku telah mengasihi kamu.”

Yesus akan tinggal bersamamu selama kamu kehendaki. Terimalah Komuni Kudus setiap kali kamu ambil bagian dalam Misa. Sungguh, menerima Komuni Kudus adalah suatu hak yang teramat istimewa.

Jika, karena suatu sebab, kamu tidak dapat menerima Komuni Kudus dalam Misa, kamu tetap perlu menerima Komuni Batin. Kamu dapat melakukannya dengan mengucapkan doa ini atau doa serupa ini:

 http://www.indocell.net/yesaya/1x1.gifDOA KOMUNI BATINDoa Menerima Komuni

Yesus-ku, aku percaya,
Engkau sungguh hadir dalam Sakramen Mahakudus.
Aku mencintai-Mu lebih dari segalanya,
dan aku merindukan kehadiran-Mu dalam jiwaku.
Karena sekarang aku tak dapat menyambut-Mu dalam Sakramen Ekaristi,
datanglah sekurang-kurangnya secara rohani ke dalam hatiku.
Seolah-olah Engkau telah datang,
Aku memeluk-Mu dan mempersatukan diriku sepenuhnya kepada-Mu;
jangan biarkan aku terpisah daripada-Mu. Amin.

Usahakanlah menerima Komuni Kudus sesering mungkin. Jika kamu menghadiri Misa dua kali dalam sehari, kamu boleh menerima Komuni dua kali. Ingatlah, kamu bersekutu dengan Yesus!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar